GRAFIK PERGERAKAN HARGA DINAR

Kamis, 19 November 2009

PDFPrintE-mail
GERAI DINAR HADIR DI JEPANG: KEMUDAHAN BAGI PARA MAHASISWA, TRAINEE & RESEARCHER
Written by Muhaimin Iqbal

Japan

Alhamdulillah tepat satu bulan setelah kami perkenalkanGerai Dinar Taiwan, hari ini kami perkenalkan perwakilan kami di Jepang – tepatnya di Tsukuba City, sekitar 50 km timur laut Tokyo atau sekitar 40 km barat laut Narita Airport – lapangan terbang internasional utama negeri matahari terbit itu.

Berbeda dengan pasar kami di Taiwan yang mayoritasnya adalah kaum pekerja; di Jepang pasar utama Gerai Dinar adalah para mahasiswa, peneliti dan trainee di perusahaan-perusahaan Jepang.

Mahasiswa-pun sangat mampu menabung dalam Dinar di Jepang karena beasiswa yang rata-rata diatas 7 Dinar/bulan lebih dari cukup untuk menopang kehidupan mereka sehari-hari. Yang bekerja sebagai trainee maupun bekerja penuh tentu lebih mampu lagi karena pendapatan mereka bisa dua sampai tiga kali beasiswa para mahasiswa.

Kehadiran Gerai Dinar dengan fasilitas M-Dinar-nya di Jepang menurut wakil kami di sana Bpk Sidiq Hidayat, sungguh banyak sekali manfaatnya. Pengiriman uang dari dan ke tanah air tidak lagi memerlukan biaya dan berlangsung sangat cepat, karena hanya berupa pemindahan account secara elektronis melalui fasilitas M-Dinar – kemudian dari sini Dinar dapat ditransfer ke rekening bank dalam Rupiah (bila di Indonesia) atau Yen (bila di Jepang).

Dinar juga memberi solusi yang unggul bagi saudara-saudara kita yang lagi di negeri orang ini dalam kaitan untuk mengamankan hasil jerih payahnya. Siapapun yang lagi tinggal di negeri orang, tentu selalu merindukan untuk suatu saat pulang. Pada saat pulang mereka ingin memiliki tabungan yang cukup untuk memulai hidup baru di tanah air. Suasana psikologis hidup di negeri orang ini mendorong mereka untuk memperbesar porsi tabungannya – berbeda dengan kita-kita yang berada di comfort zone – hidup di negeri sendiri, umumnya menyisakan sedikit saja dari penghasilan kita untuk ditabung.

Lantas disimpan dalam bentuk apa tabungan ini ?. Bila ditabung dalam Rupiah – mereka dapat melihat dengan jelas penyusutan nilai tabungannya – karena sehari-hari mereka gunakan mata uang yang lebih kuat dari Rupiah yaitu Yen. Bila mereka menabung dalam Yen, meskipun relatif perkasa dibandingkan mata uang lainnya di dunia – tetap ada rasa kurang comfortable-nya karena bagaimanapun ini bukan uang kita dan nantinya harus di konversi-kan ke Rupiah lagi pada saat akan balik ke Indonesia.

Dinar in yen

Lebih dari itu, Dinar juga jauh lebih perkasa dari Yen dari realita statistik yang saya sajikan di grafik dalam tulisan ini. Januari tahun 2000, 1 Dinar hanya sekitar 4000 Yen; kini November 2009 , 1 Dinar sudah mencapai 14,000 Yen atau naik 3.5 kalinya dalam sepuluh tahun terakhir !.

Yen yang selama ini dipandang sebagai salah satu mata uang paling perkasa di Dunia, dibandingkan Dinar ternyata sama saja dengan uang kertas lainnya – menyusut dengan cepat dari waktu ke waktu.

Bila Anda lagi tinggal di Jepang dan selama ini sudahcomfortable dengan Yen Anda, kini waktunya bagi Anda untuk memahami grafik yang saya sajikan di tulisan ini. Grafik ini bisa Anda uji dengan data yang ada di Kitco.com dan datacurrency exchange rate yang ada di Pacific Exchange Services atau berbagai sumber data rujukan lainnya; insyaallah Anda akan dapat memahami realita mata uang kertas ini. – dibandingkan Dinar emas ternyata tidak ada mata uang kertas dunia yang perkasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar